SEMARANG, semarangnews.id – Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Bandara kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini berhasil meraih gelar Bandara Terbaik di Asia-Pasifik kategori 2–5 juta penumpang per tahun, dalam ajang bergengsi Airport Service Quality (ASQ) Award 2024 yang diselenggarakan oleh Airports Council International (ACI).
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, dalam acara The ACI World Airport Experience Summit 2025 yang berlangsung di Guangzhou, Tiongkok, Rabu (10/9/2025).
Airports Council International (ACI) merupakan organisasi kebandarudaraan dunia yang menaungi lebih dari 2.181 bandara di 170 negara. Sementara itu, ASQ Award dikenal sebagai program global berbasis survei kepuasan penumpang yang menjadi tolok ukur kualitas layanan bandara di seluruh dunia.
Selain menyabet gelar “Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific”, Bandara Ahmad Yani juga menerima penghargaan prestisius ACI World Director General’s Roll of Excellence.” Penghargaan ini hanya diberikan kepada bandara yang konsisten menunjukkan keunggulan pelayanan pelanggan, dengan memenangkan berbagai penghargaan dalam program ASQ Awards selama lima tahun dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Tahun ini, Bandara Ahmad Yani menjadi satu dari 10 bandara di dunia yang berhasil meraih penghargaan tersebut.
Tak berhenti di situ, Bandara Ahmad Yani juga berhasil memperoleh akreditasi Level 3 dalam ACI Customer Experience Accreditation Program 2025. Pencapaian ini membuktikan keberhasilan bandara dalam membangun sistem manajemen pengalaman pelanggan yang terstruktur, berkelanjutan, dan sesuai standar internasional.
General Manager Bandara Ahmad Yani, Fajar Purwawidada, menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini. “Pencapaian ini adalah penghargaan bagi kita semua. Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen seluruh insan bandara serta dukungan berbagai pihak. Semoga hal ini meningkatkan semangat kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa,” ujarnya.
Selain Bandara Ahmad Yani, beberapa bandara lain yang dikelola oleh PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) juga sukses meraih penghargaan dalam ASQ Awards 2024, di antaranya Bandara Soekarno-Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, serta Bandara Internasional Yogyakarta.
Secara keseluruhan, 10 bandara yang dikelola InJourney Airports berhasil meraih 27 penghargaan internasional. Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam meningkatkan layanan, sesuai dengan Customer Experience Strategic Roadmap 2026 menuju visi besar sebagai “Wajah dan Kebanggaan Indonesia 2029.”
Dengan sederet penghargaan tersebut, Bandara Ahmad Yani tidak hanya menjadi pintu gerbang Jawa Tengah, tetapi juga simbol pelayanan bandara Indonesia yang mampu bersaing di tingkat dunia.